Mimpi/Cita-Cita Adalah Kunci Masa Depan Hidup Kita Sebagai Bahan Bakar Menuju Sukses

Mimpi/Cita-Cita Adalah Kunci Masa Depan Hidup Kita Sebagai Bahan Bakar Menuju Sukses

 Banyak orang yang mengganggap mimpi atau impian itu sama dengan khayalan atau angan-angan tetapi sebenarnya serupa tapi tak sama. Mimpi atau impian itu lebih ke arah sesuatu yang dapat digapai sedangkan khayalan atau lamunan itu lebih ke arah keinginan yang tidak dapat direalisasikan.

Memang kalau tidur itu kita suka mimpi dari mulai yang aneh sampai yang ajaib, namun di sini mimpi dalam arti cita-cita beda dengan mimpi dalam tidur kita. Justru mimpi pada tidur dianggap sama seperti khayalan dan angan-angan.

Dari kecil kita pasti dinasehati oleh orangtua, guru ataupun buku untuk menggantungkan cita-cita setinggi langit. Semua itu memang benar karena dengan adanya cita-cita atau impian dalam hidup kita akan membuat kita semangat dan bekerja keras untuk menggapai kehidupan yang lebih baik di dunia.

Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang dapat dicapai melalui kerja keras, kreativitas, inovasi, dukungan orang lain dan sebagainya. Khayalan hasil melamun cenderung tidak logis dan bersifat mubazir karena banyak waktu yang terbuang untuk menghayal yang tidak-tidak.

Dalam bercita-cita pun sebaiknya jangan terlalu mendetail dan fanatik karena kita bisa dibuat stres dan depresi jika tidak tercapai. Contoh adalah seseorang yang punya cita-cita jadi dokter. Ketika dia tidak masuk jurusan ipa dia stress, lalu gagal snmptn / spmb kedokteran dia stress, dan seterunya.

Tidak semua orang bisa menentukan cita-cita. Jika tidak bisa menentukan cita-cita, maka bercita-citalah untuk menjadi orang yang berguna dan dicintai orang banyak dengan hidup yang berkecukupan. Untuk mendapatkan motivasi dalam mengejar cita-cita kita bisa mempelajari kisah sukses orang lain atau membaca atau melihat film motivasi hidup seperti laskar pelangi.

Tapi jangan lupa dengan cita-cita setelah kita mati nanti yaitu masuk surga. Masuk surga pun harus kita perjuangkan selama kita hidup di dunia karena hidup kita pada dasarnya adalah untuk ibadah dan merupakan ujian Tuhan kepada kita. Kita mati tidak membawa apa-apa selain amal ibadah kita.

Hidup akan berguna jika kita lebih banyak memberi dan sedikit menerima. Banyak berbuat kebaikan dan melawan kejahatan jauh lebih membanggakan daripada hidup jadi penjahat dan mengejar kenikmatan dunia / hedonisme. Manusia tidak akan puas dengan harta, oleh karena itu hiduplah sederhana dan banyak memberi. Dengan begitu kelak di akhirat kita bisa tersenyum bangga atas kemenangan kita selama hidup di dunia.

Menjadi Seorang Pengusaha Sukses memanglah tidak gampang. Dibutuhkan mental dan kekuatan fisik yang sangat kuat supaya bisa terwujud cita-citanya. Seorang pengusaha sukses harus memiliki karakter yang hebat dan juga dengan kepribadian yang hebat dimana keduanya mampu mengendalikan diri dari lingkungannya. Lingkungan yang ada di sekitar kita tidaklah selalu baik, sekarang hampir mayoritas lebih mengarah kepada hal yang negatif. Berikut ini adalah beberapa karakter untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. (semoga barokah)

Pertama, Fokus dan selalu fokus
Fokus merupakan kunci sukses. Fokus terdapat pada apa yang kita kerjakan. Kita harus tahu betul apa yang membuat usaha kita berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang sehingga membuatnya tidak fokus dan tidak percaya pada produk yang sedang mereka jalankan

Kedua, Impian yang realistis.
Jika kita melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, kita pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan kita lebih realistis, kemungkinan besar kita akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”. Perlu usaha.

Ketiga, Kemampuan untuk membuat rencana.
Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

Keempat, Fleksibilitas dan adaptabilitas.
Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, kita juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Kelima, Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.
Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Kita tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Kita tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi kita harus mempelajarinya agar usaha kita tetap berjalan.

Keenam, Bersedia bekerja keras.
Dalam dunia usaha tidak ada jalan pintas. Menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu. Tak kenal lelah apalagi menyerah.

Ketujuh, Tujuan yang jelas.
Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, kita harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kita dan apa yang dapat kita capai.

Kedelapan, Pengalaman.
Kita tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi kita harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang kita miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.

Delapan karakter yang wajib dimiliki oleh para pengusaha yang menginginkan kesuksesan. Tidak hanya hal yang saya sebutkan diatas, tapi masih banyak hal-hal yang harus di lakukan untuk kita mencapai kesuksesan. Seperti pada tulisan saya yang terdahulu tentang tips sukses masa depan. Semoga sedikit tulisan saya di atas mampu menginspirasi dan dapat memberikan motivasi untuk anda semua. Salam sukses dari luqman tri wibowo

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s