PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA

  1. a.       Perangkat keras

Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

 

  1. b.      VGA Card

VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada monitor. VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. Sebagai contoh, mungkin anda pernah mengalami tampilan yang berbeda-beda pada beberapa komputer, sebut saja di komputer A hasil yang terlihat di monitor lebih jernih dan terang, tetapi sebaliknya di komputer yang lain kelihatan agak buram dan tidak terang…begitu juga dengan videonya, saat di putar di komputer A sangat jelas dan jernih dan tidak terputus-putus, tetapi di komputer lain videonya buram dan tersendat-sendat dan bahkan ada yang tidak bisa diputar sama sekali….” maka sudah dapat dipastikan bahwa hal ini dipengaruhi oleh kemampuan VGA-nya yang berbeda (salah satu faktor yang mempengaruhi).

Menjawab pertanyaan di atas adalah memeriksa kemampuan VGA Card komputer anda dan jika VGA card komputer anda rendah maka perlu ditingkatkan kemampuannya dengan mencari VGA card yang memiliki kemampuan untuk mendukung hasil gambar yang jernih dan terang serta video nya tidak tersendat-sendat.

  1. c.       Sound Card

sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara. Sound Card merupakan Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung ke speaker.

 

Fungsi Sound Card:

 

                Sound Card atau yang lebih kita kenal dengan Kartu Suara adalah Periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada Motherboard yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses, dan menghantarkan data berupa suara.

 

  1. d.      Cd – rom diver

Sistem Penyimpanan data secara optikal mulai diperkenalkan tahun 1983,ditandai dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disk.Sejak itulah teknologi penyimpanan pada optical disk mulai berkembang.CD ( Compact Disk ) dan DVD (Digital Video Disk) saat ini sudah umum  digunakan di seluruh dunia karena merupakan suatu perlengkapan standar yang bisa diandalkan.

 

 Secara umum, pengertian CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi yang sangat besar (lebih dari 600MB), jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4MB). Sesuai dengan namanya CD-ROM hanya dapat dibaca data yang tersimpan di dalamnya (Read Only Memory).Pembacaan data pada CD-ROM menggunakan sinar laser dengan intensitas rendah. Data yang disimpan di CD-ROM dapat berupa teks, gambar, presentasi, slide, audio dan video.

 

  1. e.      Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.

 

                Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

 

Sumber

  1. http://fikrismkn1cjr.blogspot.com/2013/02/apa-itu-scanner-fungsi-dan-kegunaan.html
  2. http://adhisultom.blogspot.com/2011/10/sekedar-pengertian-cd-rom-dvd-rom-cddvd.html
  3. http://atoo86.blogspot.com/2012/09/pengertian-hardware-dan-jenisnya.html
  4. http://ruhutcyber.blogspot.com/2012/10/pengertian-vga-card-on-board-dan-vga.html
  5. http://yogie-share.blogspot.com/2013/11/pengertian-fungsi-cara-kerja-dan-jenis_21.html
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s